Rapat Persiapan Akreditasi Laboratorium Saintek Terpadu

2022-01-21 | checkbox1 | checkbox2 |

Rapat Persiapan Akreditasi Laboratorium Saintek Terpadu dilakukan pada tanggal 19 Januari 2022 di ruang rapat Fakultas Sains & Teknologi. Dalam Rapat ini turut mengundang Dekanat, Kepala Laboratorium MIPA dan Laboran Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Raden Fatah. Rapat ini dihadiri oleh Dekanat, Kabag TU, Sub koordinator bagian umum dan perencanaan keuangan, Kasub Akademik, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, Kepala Laboratorium Biologi, Kimia, Komputer dan UTM, Laboran, Dosen sebagai Penanggungjawab per Laboratorium.

Dekan FST Dr. Munir, M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan program akreditasi laboratorium ini adalah program prioritas yang membutuhkan peranan dan kontribusi seluruh stakeholder FST dan sinergitas serta Kerjasama dengan FITK sebagai pengguna Laboratorium Terpadu UIN Raden Fatah. Diharapkan dari program ini bisa memberikan kontribusi dan profit bagi BLU UIN Raden Fatah nantinya dan dapat mengembangkan berbagai kebutuhan Laboratorium dalam pencapaian pelayanan optimal bagi mahasiswa dan Dosen UIN Raden Fatah itu sendiri maupun masyarakat secara luas.

Dekan FITK dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 2, Dr. Fitri Oviyanti, M.Ag menyampaikan bahwa FITK menyambut baik program ini karena pada dasarnya Laboratorium Terpadu adalah bersama dalam hal penggunaan maupun profit yang nantinya bisa didapatkan. Semoga dengan program ini bisa terjalin sinergitas,  komunikasi serta Kerjasama yang baik dalam optimalisasi Laboratorium Terpadu.

Tahapan dalam Akreditasi Laboratorium Saintek standar ISO 17025 adalah menganalisis Pengujian yang siap yaitu Uji MPN (Most Probable Number) dan Logam berat, langkah selanjutnya adalah uji Profiensi, dalam rapat ini membahas juga berbagai hal yang dibutuhkan dalam program akreditasi laboratorium Saintek. Pada Rapat tersebut dibentuk Tim Persiapan Akreditasi Laboratorium Saintek selanjutnya akan melakukan tahapan persiapan dan progress dalam program tersebut.