Workshop Machine Learning Menggunakan Pyhthon Dalam Mendukung Riset Terapan Prodi Sistem Informasi

2021-11-05 |

Workshop Peningkatan Mutu Dosen Sekaligus MoU Prodi Sistem Informasi dengan Synapse Academy

 

Peningkatan Mutu dan Kualitas Dosen sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas suatu perguruan tinggi. Dosen merupakan pendidik profesional atau juga seorang ilmuwan yang bertugas untuk mengembangkan dan melakukan perluasan terhadap ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan melalui proses pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan mutu dosen tersebut pasti akan membawa hal positif dan perubahan baik dalam mutu perguruan tinggi.

  

Dalam rangka untuk meningkatkan mutu dosen prodi sistem informasi, sekaligus untuk mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Pada tanggal 5 November 2021, prodi sistem informasi mengadakan kegiatan Workshop tentang Implementasi Machine Learning menggunakan phython dalam mendukung riset terapan bertempat di Laboratorium Software 

Sekaligus juga dilakukan Penanda Tanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara Prodi sistem informasi dengan Synapse Academy, dari prodi sistem informasi penandatanganan MoU dilakukan oleh Kaprodi sistem informasi Dr.Fenny Purwani.M.Kom sedangkan dari pihak Synapse Academy dilakukan langsung oleh CEO Synapse Freddy Kurnia Wijaya, M.Eng yang juga merupakan dosen di Prodi Sistem Informasi.

 

Acara diawali dengan sambutan Ketua Program Studi sistem informasi Dr.Fenny Purwani,M.Kom, beliau menyampaikan tentang pentingnya peningkatan mutu dosen prodi sistem informasi, untuk menuju hal tersebut diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan penelitian, pengabdian masyarakat, selalu aktif dan kreatif serta upgrade ilmu pengetahuan. Beliau juga menyampaikan pentingnya kerjasama prodi dengan beberapa pihak sebagai bentuk recognisi prodi

 

Selanjutnya sambutan oleh Dekan FST dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan 1 Dr. Irham Falahudin, M.Si sekaligus membuka kegiatan workshop, dalam sambutanya beliau menyampaikan bentuk kerjasama prodi dengan beberapa pihak penting dilakukan sebagai salah satu unsur/point penilaian dalam proses akreditasi program studi, selain itu pula Fakultas Sains dan Teknologi yang terdiri dari tiga prodi yaitu biologi, kimia dan sistem informasi perlu bersinergi satu sama lain dalam kegiatan Tri Dharma, beliau mencontohkan dalam disiplin ilmu Biologi sekarang dan kedepan akan sangat membutuhkan peranan teknologi informasi guna untuk melakukan proses pengolahan data, dan ini perlu dilakukan salah satunya dengan kolaborasi dengan prodi sistem informasi.

 

Selanjutnya adalah kegiatan Workshop yang disampaikan oleh narasumber Eldy Kurniadi,S.T, dimana beliau merupakan project Lead & Instructor dari Sysnapse Academy.

Dalam materinya beliau menjelaskan pentinya machine learning, dimana dapat memungkinkan komputer memiliki kecerdasan yang sama dengan manusia, seperti  mengenali tulisan, mengenali wajah, suara dan beberapa hal lain. Bahkan Machine Learning dapat memprediksi ribuan bahkan jutaan data berdasarkan pola-pola yang telah ada pada data sebelumnya.

 

Hadir pula Wakil Dekan 3 Dr.Muhammad Isnaini, Kepala Tata Usaha FST Mila Gustahartati,S.Ag., M.Hum, Kasub  dan dosen-dosen prodi sistem informasi yang juga sekaligus sebagai peserta dalam kegiatan workshop kali ini.